Jumat, 23 Juli 2010

Tempat-Tempat Wisata Kota Tuban Jawa Timur

1. MATA AIR KERAWAK
Objek wisata yang satu ini tidak kalah dengan yang lain. Krawak adalah merupakan salah satu objek wisata yang berupa sungai dengan yang sangat jernih dengan sumber mata air yang begitu jernih dan bermunculan di bebatuan pinggir sungai. Jika Anda kesana pasti Anda tidak akan tahan untuk tidak bermandiria. Selain itu letaknya yang juga setratigis yang terletak di tengah hutan jati. Disana Anda dapat beristirahat dengan tenang karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk. Disana Anda dapat menikmati segarnya udara hutan tuban dengan diiringi nyanyian burung yang berkicau dengan merdunya. Saya rasa objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi terutama para kawula muda yang sedang menjalin asmara.



2, Gua Putri Asih
Gua putri asih ini terletak di daerah montong kabupaten tuban. Gua ini sangat indah sekali dan terletak ditengah hutan jati yang masih alami. Bila anda berkunjung ke kota Tuban maka jangan sampai lupa untuk menginjakan kaki di gua ini, karena pasti Anda akan menyesal. gua ini mentyuguhkan panorama alami berupa gua dengan indahnya stalaktit dan stalakmit yang bermunculan dan bebgelantung di dinding gua. Yang paling indah dari gua ini adalah ada sebuah stalaktit dan stalakmit yang sangat besar yang menyerupai dengan selendang putri, makannya gua itu disebut dengan sebutan gua putri asih. Bila anda tertarik untuk berkunjung kesana maka Anda bisa mengambil beberapa jalur alternatif yaitu bisa langsung dari kota Tuban menuju singgahan dan gua tersebut terletak antara montong dan singgahan.


3. Air Panas Prataaan
Berada di tengah hutan di daerah yang masuk di wilayah Kecamatan Parengan yaitu sekitar 5 km dari pusat kecamatan parengan. Kondisi sekitar sumber air panas masih sangat alami sekali yaitu berupa hutan-hutan yang masih alami dengan pepohonan yang rindang. Jarak pemandian air panas Prataan sekitar 45 km arah barat dari Kota Tuban. Suhu air mencapai 56 derajat Celsius, dengan kadar belerang yang sangat tinggi dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit sepertiu gatal-gatal dan lain-lain. Bila hendak berkunjung dapat melewati rute Tuban-Montong-Tanggulangin, sehingga dapat terhibur dengan pemandangan alam berupa tegalan, sawah dan hutan jati. selain itu juga dapat menempuh rute tuban-jatirogo-parengan atau tuban- bojonegoro- parengan.


4. KOLAM RENANG BEKTI HARJO
Lokasi yang terletak sekitar 5 km dari kota Tuban ini mempunyai sumber mata air yang sangat jernih. Sehingga selain sebagai sumber air minum juga dimanfaatkan sebagai lokasi pemandian dan arena berenang. Kolam renang Bektiharjo senantiasa bersih dilengkapi dengan papan loncat. Bagi pengunjung anak-anak juga terdapat kolam untuk anak yang agak dangkal. Penggantian air kolam dilakukan secara rutin dengan memompa sumber mata air yang ada tepat di sebelah kolam renang.
Hal lain yang sangat berbeda dari kolam renang kebanyakan adalah adanya komunitas kera jinak di sekitar lokasi pemandian. Kera-kera ini tidak mengganggu, kecuali bagi pengunjung yang membawa makanan agar dijaga dengan baik. Karena sering kali kera-kera yang kelihatan sangat pendiam dapat bergerak dengan sangat cepat untuk mengambil kue atau makanan kecil yang sedang dipegang.


5. Goa Ngerong
Gua Ngerong terdapat di kec. Rengel, sesuai namanya adalah lubang dgn panjang 1.8 km. Potensi nya bisa mencapai 30 km.Gua ini adalah gua air, yg harus diarungi dgn perahu karet. Pada kedalaman 1000 meter ditemui air terjun didalam gua.
Terdapat kalelawar yg hidup sampai kedalaman 700 meter. Jutaan kalelawar terlihat spektakular saat beriring keluar pada jam 5 sore. Juga didapati Ikan Bader Bang (Puntius Javanicus), ikan yg dimitoskan sebagai keramat. barang siapa memakan atau membawa pulang, akan dijangkiti penyakit yg tak kunjung sembuh. Alhasil ada ribuan ekor ikan bader dgn ukuran sebesar paha yg bebas berenang hilir mudik tanpa ada yg berani menganggu.
Mitos lainnya barang siapa masuk gua maka dia harus keluar 12 jam berikutnya. Kedua mitos ini membantu gua dan hewan2nya tetap lestari sampai saat ini.Hewan lainnya adalah kura2 putih dgn diamater 1 meter. Juga ikan tanpa mata -buta (khas hewan gua), yg mulai didapati di kedalaman 1000 meter.



6. Air Terjun Nglirip
tepatnya terletak dikecmatan montong, sekitar ± 25 km dari pusat kota tuban, wisata nglirip merupakan wisata air terjun yang termasuk salah satu tempat wisata yang dijadikan sebagai sundtrak film yang dibintangi oeh bintang terkenal H. Roma irama, dalam judul PENGORBANAN. Disamping itu pemandangan air terjun ini sangat indah di nikmati,apalagi kalau diperhatiakan betul-betul,air terjun ini seperti sebuah tarian ysng sangat indah,disamping keindahanya tempat wisata ini juga menyinpan mitos yang sudah sangat melekat di masyarakat mitos tersebut adalah apabila ada sejoli yang datang kesitu maka tidak lama kemudian hubungan mereka akan berakhir,entah mitos ini benar apa tidak, tapi yang jelas saya punya teman yang benar-benar menaglami hal tersebut. Disamping mitos tersebut, beredar pula cerita dimasyarakat yang megatakan bahwa sebenarnya dibalik air terjun tersebut terdapat Goa yang besar, yeng dulunya goa tersebut ditempati oleh seorang putri yang sedang menunggu kekasihnya yang pergi,dan sampai saat ini katanya putrid tersebut masih manunggu dan kadang-kadang muncul ditengah-tengah masyarakat,baik itu sedang belanja atau yang lainnya.

7. PANTAI SOWAN
Tepatnya terletak dikecamatan bancar sekitar ±30 Km dari pusat kota tuban kearah barat. Tempat ini menyuguhkan keindahan pantainya dengan butiran-butiran pasir yang berwarna putih dan karang-karang yang indah. Dengan membayar karcis masuk Rp2000,- anda sudah bisa menikmati keindahannya.
Dari Goa Akbar kita berjalan kaki keutara atau bias juga naik becak dengan ongkos Rp2500. disini kita bisa bertafakur dan bermunajat kepada Dzat Maha Kuasa. Kalau sudah disini jangan enggan untuk menikmati keindahan Masjid Agung Tuban yang telah direnovasi oleh bupati Haeny relawati. Dengan bangunan bertekstur Timur Tengah, mesjid ini menunnjukkan keindahanya dengan tidak menghilangkan keagungannya. Selain dari itu didepan masjid ini terbentang keindahan lagi yang menjadi icon dari kota tuban yaitu Alun-alun Tuban.

8. GOA AKBAR
Gua ini terletak di pusat keramaian kota, tepatnya dibawah paar baru tuban dengan pintu masuk disebelah timur pasar baru tuban. Bagi anda yang sudah menyempatkan diri berziarah di makam mbah Sunan Bonang, akan rugi kalau anda tidak menyempatkan diri juga mengunjungi tempat ini, karena jarak goa ini dengan parkiran bus mbah sunan mbonang hanya berjarak ± 50m, tidak akan membuat tubuh capek bukan?. Dengan merogoh kocek Rp 2500,- anda sudah bisa menikmati keindahannya,mulai dari stalagmite dan stalagtit yang berupa batuan yang sudah menghitam. Disamping itu goa ini masihmenunjukkan keasliannya dengan adanya kelelawar – kelelawar yang beterbangan.



9. MUSEUM KAMBANG PUTIH
Museum ini terletak di Jl. Kartini No. 3 Tuban, kode pos 62313 Jawa Timur. Museum ini merupakan museum umum yang diselenggarakan oleh pemerintahan kabupaten. Semula bangunan berfungsi sebagai kamar bola. Tanggal dibangun adalah 4 Januari 1984, namun baru difungsikan sejak tanggal 28 Maret 1984. Bangunannya dibuat di atas lahan seluas 150 m2, dibuat satu lantai dengan luas bangunan publik 125 m2. Bangunan ini didirikan berdasarkan SK No 22 Tahun 1984 dengan status kepemilikan tanah milik pemerintah

10. KLENTENG KWAN SIN BIO
Klenteng ini diperkirakan telah berumur lebih dari ratusan tahun, didirikan pada tahun 1928.Tempat peribadatan ini banyak dikunjungi tidak hanya oleh umat yang ada di dalam negeri tetapi juga umat dari negara tetangga yaitu Malaysia, Singapura dan Thailand.
Klenteng ini sangat mudah di kunjungi karena terletak di jalan utama (jalur Surabaya-Semarang) dan semua angkutan kota pasti melewatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar